Rabu, 08 Januari 2014

Trip to Bira (Juni 2013)

Hampir 3 bulan lamanya setelah booking tiket Air Asia, harapan saya untuk bermain ke Pulau Sulawesi terpenuhi. Trip kali ini menuju Pantai Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Harga tiket PP Air Asia, yang saya dapatkan cukup terjangkau, hanya sekitar 400rb-an (normalnya 1400rb-an) dengan rute Surabaya – Makassar. Ya, untuk menuju ke Pantai Bira, saya dan teman-teman dari Scuba Diving Surabaya (SDS) mendarat di Bandara Hasanuddin, yang memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam 20 menit.

Keceriaan Teman-teman SDS, di sela perjalanan menuju Pantai Bira,
Sup Konro Andalas, Makasar

Setelah sampai di Makassar, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Bus yang sudah di pesan jauh2 hari oleh teman2 dari SDS. Dalam perjalanan tsb., sebenarnya pemandangannya cukup bagus, tampak rumah2 panggung yang tidak akan dijumpai di kota2 besar, Pohon2 yang rindang, dan sawah yang terhampar luas, sayang pemandangan tersebut tidak tampak begitu jelas, karena kami melaluinya ketika tengah malam.
Sekitar 6 jam perjalanan kami tempuh, akhirnya bus kami berhenti di Nusa Bira Indah Cottages. Kami sampai ketika dini hari, kemudian istirahat sebentar merebahkan badan untuk menyiapkan tenaga pada pagi harinya. Tidak jauh dari penginapan tersebut, tampak pantai yang begitu luas, dengan suara desiran ombak yang membuat saya kagum akan ke-Maha-an Sang Pencipta. Apabila, di Sore hari cuaca cerah, akan tampak Matahari “terbenam” kedalam Pantai Bira. Perahu-perahu penangkap ikan / Perahu Wisata tampak berlabuh di Pantai ini, menemani birunya Pantai Bira.

Monumen Selamat Datang di Pantai Bira

Rumah Panggung @Nusa Bira Indah Cottage, tempat saya beristirahat di Pantai Bira

Perahu-perahu yang berlabuh di pagi hari, Pantai Bira

Sayangnya masih banyak sampah di salah satu sisi Pantai ini, kemungkinan karena sampah yang dibuang ketika orang-orang sedang berada di laut (ketika berlayar/diving/mancing,..), atau orang-orang menjadikan salah satu sisi Pantai ini, menjadi Tempat Pembuangan Sampah.

Sampah-sampah ini bisa menjadi santapan kura-kura / ikan di Laut

Semoga Pantai Bira ini tetap indah di masa mendatang. Foto-foto dibawah ini, diambil ketika Matahari berada diatas 12pas, sehingga Pantai Bira nampak memancarkan Kilauan Cahaya Biru