Sabtu, 26 April 2008

Cara mengukur lemak tubuh

Sekarang ini sy lagi menjalani diet, gak terlalu ketat sih, tapi cukup lumayan hasilnya. Nah untuk mengukur kesuksesan diet sy, salah satu tolok ukurnya adalah mengukur prosentase lemak tubuh. Semakin rendah lemak tubuh, semakin sukseslah diet sy. Diet sy lebih fokus ke penurunan lemak tubuh. Sekedar diketahui, 4% adalah jumlah minimal lemak tubuh pria, sedangkan wanita 12%. Jika dibawah itu, dipastikan sistem tubuh tidak akan berjalan optimal.

Pengukuran yang sy bahas disini menggunakan teknik yang digunakan oleh departemen pertahanan Amerika untuk merekrut anggota baru. Kita tahu, semua teknik pengukuran body fat, ada kelebihan dan kelemahannya, baik itu dengan fat caliper, digital, hydrodensitometry, DEXA, ataupun teknik yang lainnya.
Nah, kelebihan dari teknik ini:
1. menghemat uang, karena gak perlu membeli/menyewa alat ukur body fat
2. hasil pengukuran cukup akurat, sudah sy bandingkan dengan alat pengukur digital
Ini tekniknya*
Pria: 86.010 x log10(abdomen - neck) - 70.041 x log10(height) + 36.76
Wanita: 163.205 x log10(waist + hip - neck) - 97.684 x log10(height) - 78.387

Cara pengukuran
Lingkar perut: Ukur lingkar perut dengan menempelkan pita ukur ke pusar, dan lingkarkan pita ke lingkar perut sejajar dengan lantai. Kedua tangan tetap berada disamping (usahakan mengukur dengan bantuan teman). Keluarkan napas dengan perlahan, tahan, dan catat hasil pengukuran. Bulatkan hasil pengukuran 1/2 inch kebawah.

Lingkar leher: Ukur lingkar leher tepat dibawah laring (Adam's Apple) dan tegak lurus dengan leher. Pengukuran tidak boleh dilakukan tepat pada Adam's Apple, dan usahakan tidak terlalu bawah (sehingga mengenai bahu). Kepala berdiri tegak, dan melihat kedepan selama pengukuran, dengan bahu rileks (tidak dinaikkan, atau dibungkukkan). Kemudian,lingkarkan pita ke leher, pita harus sejajar dengan lantai. Catat hasil pengukuran, dan bulatkan 1/2 inch keatas.

Lingkar pinggul (Wanita): Ukur lingkar pinggul dari sisi kanan pinggul, lingkarkan pita ukur ke pinggul melewati pantat. Pastikan pita ukur sejajar dengan lantai. Kencangkan pita ukur secukupnya untuk hasil yang optimal. Catat hasil pengukuran dan bulatkan 1/2 inch kebawah.

Tip agar pengukuran menjadi akurat:
1. pengukuran dilakukan waktu pagi hari (setelah buang air),
2. kempeskan perut dengan normal, tidak terlalu menekan kedalam,
3. leher dalam kondisi biasa, tidak perlu mengembangkan leher sehingga membuat leher menjadi lebih besar
*Pengukuran menggunakan satuan inchi (1 inchi = 2.54 cm)

Ok, semoga artikel ini bermanfaat buat teman-temanku di Tropical Gym atau dimanapun

1 komentar:

Recent Comments