Jumat, 23 Mei 2008

Diabetes dan Gaya Hidup

Diabetes adalah gangguan metabolisme dari distribusi glukosa oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin secara efektif, sehingga terjadilah kelebihan glukosa didalam darah. Secara umum, terdapat 2 jenis diabetes, yaitu: 1) Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) atau diabetes yang bergantung pada insulin untuk mengatur metabolisme gula dalam darah. Tipe ini biasanya diidap sejak kecil. Kemungkinan besar, disebabkan oleh faktor keturunan. 2) Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM) atau diabetes yang tidak bergantung pada insulin untuk mengatur metabolisme glukosa dalam darah. Tipe ini mewakili sekitar 90% dari seluruh kasus diabetes.

Resiko diabetes
Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan diabetes, yaitu:
* Usia > 35 th
* Riwayat keturunan diabet dalam keluarga
* Obesitas (index massa tubuh > 23 kg/m2)
* Hipertensi / tekanan darah tinggi (T>140/90), dan
* Kolesterol HDL <> 250 mg/dl

Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh diabetes sangat beragam. Dari yang mulai banyak kencing, banyak minum, sampai banyak makan tetapi berat badannya menurun. Gejala-gejala yang lain, seperti kesemutan, cepat lelah, mudah mengantuk, gatal-gatal pada kulit, dan juga mata kabur.
Diabetes tidak bisa disembuhkan sehingga penderita harus meningkatkan kualitas hidupnya dengan menghilangkan keluhan dan gejala. Selain itu, penderita harus mempertahankan, menghambat, dan mencegah progresifitas (keparahan) penyakit dengan tujuan menurunkan angka kesakitan dan kematian pada penderita diabetes. Sehingga penderita dapat hidup sehat bersama diabetes.
Penderita diabetes dapat hidup secara normal dengan disiplin menjalani gaya hidupnya, seperti diet, olahraga secara teratur, dan juga mengontrol glukosa darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments