Selasa, 20 Mei 2008

Jenis makanan dan minuman yg harus dihindari untuk mendapatkan tubuh ideal

Kita semua tahu, makanan yang dimakan dalam porsi seimbang dan cukup, sangat dibutuhkan untuk membentuk tubuh yang ideal. Tidak ada cara yang instant untuk mendapatkan tubuh yang ideal, selain dengan menerapkan pola makan (diet) yang benar. Demikian juga, tidak ada makanan yang dapat ‘menghancurkan’ tubuh anda dalam sekejap / sekali makan, tetapi makanan yang buruk (junk food) yang dikonsumsi secara terus-menerus dan jumlah yang tidak sedikit, dapat membuat hasil latihan anda selama ini menjadi sia-sia. Dibawah ini adalah makanan-makanan yang lebih baik dihindari:
Produk tepung dan olahannya
Contoh yang mudah ditemukan dalam keseharian kita, yaitu ote-ote, tahu isi, batagor, dan semua makanan yang digoreng menggunakan tepung. Kita semua tahu makanan ini enak, tapi apa artinya makanan enak jika lambat laun akan merusak tubuh kita. Makanan yang digoreng dengan tepung dan olahannya, dapat menaikkan kadar insulin dengan cepat dan tinggi pula. Hal inilah yang membuat sistem tubuh menyimpan lemak di dalam perut anda.
Gula dan olahannya
Makan / minum gula sangat dibutuhkan setelah latihan yang keras, untuk mengganti kadar glikogen didalam tubuh. Setelah durasi latihan yang lama dan keras, kadar glikogen didalam tubuh akan terkuras, yang mengakibatkan badan anda menjadi capek dan tidak ada tenaga lagi. Oleh karena itu, tubuh kita butuh karbohidrat cepat serap (gula). Tetapi, ketika anda menjadikan gula menjadi konsumsi harian anda, kadar insulin anda akan menjadi tidak stabil. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Selain itu, gula yang dikonsumsi dengan lemak akan memaksa tubuh anda menyimpan lemak di tubuh anda.



Gorengan
Kita semua tahu, dari orangtua kita bahwa makan gorengan kebanyakan dapat membuat tenggorokan menjadi sakit. Tidak hanya itu, makan gorengan hanya menambahkan kalori yang gak perlu ke tubuh anda. Dan tambahan kalori itu, gak akan pernah menjadi otot, akan tetapi menjadi lemak di bawah kulit anda. Jadi jauhi saja gorengan!
Alkohol, dan soda
Meskipun alkohol dapat meningkatkan tingkat keagresifan (salah satu ciri kadar testosterone yang tinggi), akan tetapi konsumsi alkohol secara terus menerus dan berlebihan dapat merusak kerja liver anda, dan juga menambahkan kalori yang tidak perlu ke tubuh anda.
Soda memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Kadar gula yang tinggi berarti kalori yang tinggi pula. Kalori yang tinggi berarti tubuh anda berada dalam kondisi penyimpanan lemak. Jadi, lebih baik hindari minuman bersoda.

Itulah pola makan yang sy terapkan dalam kesehariaan sy, masih banyak yang akan sy bahas dilain kesempatan. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman!


There’s no shortcut to become winner!

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments