Minggu, 01 Maret 2009

Nutrisi Fitness (2)

‘What You Eat Is What You Get’. Peribahasa ini sering kali kita dengar, apa yang kita makan itulah yang akan membentuk tubuh kita. Berhubungan dengan dunia fitness apa yang kita makan adalah pola diet kita sehari-hari yang kita jalani.

Nutrisi

Nutrisi terdiri dari makro nutrisi, mikro nutrisi, dan suplementasi. Makro nutrisi terbagi lagi menjadi karbohidrat, lemak dan air. Mikro nutrisi terdiri dari vitamin dan mineral, sedangkan suplementasi bisa terdiri dari fat burner, joint care, hormone enhancer, ergogenic, dll.

Makro Nutrisi Karbohidrat

Karbohidrat sebagai salah satu sumber makro nutrisi terbagi lagi menjadi karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Nasi putih, roti putih, gula pasir, mi instant termasuk di dalam karbohidrat sederhana. Nasi merah, roti gandum, gula diet, pasta, ubi, jagung, singkong adalah beberapa contoh dari karbohidrat kompleks
Karbohidrat ini menentukan kestabilan gula darah yang memiliki efek terhadap produksi energi saat latihan maupun daya tahan saat latihan.

Karbohidrat kompleks adalah sumber nutrisi yang baik, karena diolah dan diserap tubuh secara perlahan lain halnya dengan karbohidrat sederhana. Pada umumnya, asupan makanan kita sehari-hari karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, mi instant atau bahkan gula pasir. Dari pandangan saya sebagai praktisi fitness, karbohidrat sederhana hanya diperlukan jika kadar gula darah kita turun, contohnya setelah latihan, setelah bangun tidur, atau setelah pulang kerja.


Nasi Merah

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments