Minggu, 01 Maret 2009

Nutrisi Fitness (3)

Pada tulisan saya sebelumnya, telah dibahas tentang makro nutrisi, kali ini saya akan menjelaskan tentang mikro nutrisi dan suplementasi.

Vitamin

Vitamin merupakan salah satu mikro nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh kita membutuhkan vitamin untuk memastikan sistem tubuh kita berjalan dengan baik. Contohnya, vitamin B yang mengubah karbohidrat menjadi energi.

Vitamin juga diperlukan ketika kita menghadapi stress, polusi, radiasi, obat-obatan, bahan kimia, alkohol, dll. Masih banyak jenis radikal bebas diluaran sana, yang bisa menghancurkan tubuh kita setiap saat. Dengan mengonsumsi vitamin yang tepat kita dapat mencegah radikal bebas, atau menekan radikal bebas sehingga kerusakannya bisa diminimalkan.

Suplementasi

Suplementasi digunakan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kita, yang tidak kita dapat dari asupan makanan sehari-hari. Salah satu contoh suplemen yang umum yaitu creatine, jika Anda seorang praktisi fitness, tentu Anda mengetahui tentang creatine. Creatine dapat membantu meningkatkan cadangan energi kita saat latihan, saat kita membutuhkan tenaga extra, atau pada saat kita membutuhkan power lebih. Contoh yang lain Caffeine, yang dapat membantu meningkatkan hormon adrenalin, dan meningkatkan sensitifitas hormon lipase, sehingga tubuh menjadi joss. Masih banyak suplemen yang lain, seperti fat burner, hormone enhancer, protein, dll.

Multi Vitamin

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments